6 Jenis Kopi Indonesia Yang Menguasai Pasar Dunia, Lensa Jelajah – Bagi Semua para pecinta kopi pasti sangat tertarik dengan aroma khas dari kopi. Indonesia adalah salah satu negara yang di akui dengan perkebunan kopi terbesar di dunia. Jadi sudah tidak heran jika sebagian daerah di wilayah Indonesia menjadi sumber perkebunan kopi yang subur. Dan juga memberikan hasil kopi yang sangat memuaskan bagi para penikmat Kopi Indonesia.

6 Jenis Kopi Indonesia Yang Menguasai Pasar Dunia
6 Jenis Kopi Indonesia Yang Menguasai Pasar Dunia, Images By : vidtrav.blogspot.com

Mungkin anda yang sedang membaca ini juga merupakan penikmat kopi Indonesia. ” Jenis kopi dengan kualitas terbaik masih di pegang oleh jenis kopi arabika. meski harganya agak lebih mahal tapi seimbang dengan kualitas biji kopi nya yang berkualitas” Menurut Vanda Puspita Sari, Coffee Expert Caribou Coffee. Saat di temui dalam acara pembukaan gerai ketiga Caribou Coffee, Jakarta, 20 Mei 2016.

Vanda Puspita Sari yang bekerja sebagai Coffee Expert sejak 16 tahun yang lalu, yang selalu membuatnya mengamati karakteristik kopi-kopi asal Indonesia yang sangat laris hingga pasar Dunia.

6 Jenis Kopi Indonesia Yang Menguasai Pasar Dunia

1. Kopi Aceh

Jenis kopi ini yang menjadi sangat populer karena diangkat dalam film ‘Filosofi Kopi’ adalah Aceh Gayo. Varietas kopi arabika ini menjadi sangat komoditi unggulan yang berasal dari wilayah dataran tinggi Gayo.

Jenis kopi aceh gayo sebenarnya sudah populer dan dikenal sejak penjajahan Belanda. Kopi Aceh Gayo juga sudah menerima sertifikat IG (Indikasi Geografis), yang di serahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia. Perkebunan kopi yang telah di kembangkan sejak tahun 1908, yang tumbuh subur di wilayah Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan sebagian kecil wilayah Gayo Lues.

Ketiga Daerah tersebut yang merupakan berada di ketinggian diatas 1200 m diatas permukaan laut tersebut. Menjadi perkebunan kopi terluas di Indonesia, yang seluas sekitar 81.000 hektar.

2. Kopi Sumatra

Kopi yang berasal dari daerah Sumatra ini, juga menjadi varian kopi yang terpopuler di Indonesia bahkan sampai Manca Negara (Internasional). Menurut Vanda kopi sumatra memiliki sedikit rasa manis di banding jenis kopi lainnya. Serta, tidak meninggalkan rasa asam di lidah.

Salah satu jenis kopi Sumatra yang plaing populer antara lain Mandheling dan Lintong. Yang pohon kopi nya banyak tumbuh di wilayah persisir selatan Pulau Sumatra. Biji kopi Sumatra pada umumnya mengeluarkan sedikit rasa ‘tanah’ dan ‘rempah’. yahh .. ini lah alasannya kenapa kopi sumatra paling banyak di cari oleh para pecinta kopi dari manca negara.

3. Kopi Jawa

nah satu lagi dari wilayah Indonesia ini yaitu Kopi Jawa (Java Coffee) yang tidak kalah populer dengan kopi wilayah Sumatra. Salah satu jenis kopi Jawa yang paling banyak di gemari oleh para pecinta kopi Indonesia maupun manca negara ialah ‘Kopi Jampit’. Cita rasa yang dimiliki oleh ‘Kopi Jampit’ ini juga jelas berbeda. Kopi yang ringan dan juga tidak terlalu pahit.

Kopi Jawa juga memiliki karakteristik tingkat keasaman yang tidak tinggi. Hal tersebut juga banyak di pengaruhi oleh kondisi tanah, tingkat kelembapan udara, suhu udara, serta cuaca di wilayah Pulau Jawa.

Selain itu, biji kopi nya yang mempunyai ukuran yang begitu besar. Produksi Kopi Jawa Arabika yang berpusat di wilayah tengah Gunung Ijen yang terletak di Jawa Timur.

4. Kopi Bali

Bali juga salah satu daerah penghasil kopi yang nikmat dan populer, yang salah satunya bernama ‘Kopi Bali Kintamani‘. Kopi yang populer ini di hasilkan di kawasan dingin Kintamani. Cita rasa yang dimiliki oleh Kopi Bali ini menurut Vanda begitu klasik, bersih, dan juga lembut.

Kopi ini juga menjadi sangat menarik karena proses pengolahannya yang melalui proses basah atau bisa juga di sebut dengan Wet Processed.

5. Kopi Sulawesi

Sekarang siapa yang tidak kenal dengan kopi Toraja yang berasal dari Sulawesi? Kopi yang sangat populer di kalangan pencinta kopi Indonesia bahkan sampai bahkan sampai pecinta kopi dunia rela berburu jenis kopi yang satu ini.

Toraja adalah salah satu daerah dataran tinggi di Sulawesi. yang juga menjadi pusat perkebunan kopi. Kopi Toraja juga memiliki aroma dan ciri khas yang unik dengan tingkat keasaman yang tinggi dari pada kopi Sumatra.

Menurut Vanda, uniknya kopi Tojara ini berasal dari rasanya yang jika di minum akan meninggalkan kesan seperti buah segar, ada sedikit rasa kacang-kacang nya dan ada juga rasa rempah nya. Kopi Toraja ini menjadi salah satu kopi yang di unggulkan di Indonesia, bahkan sampai banyak di ekspor ke luar negeri. ( 6 Jenis Kopi Indonesia Yang Menguasai Pasar Dunia ).

6. Kopi Luwak

Membahas tentang ‘Kopi Indonesia belum lengkap tanpa membahas satu ini ‘Kopi Luwak’. Kopi Luwak adalah salah satu jenis kopi termahal dan merupakan salah satu jenis kopi yang produksinya paling unik dan aneh. Kopi ini merupakan hasil dari biji kopi yang dimakan binatang Luwak, dan tidak tercerna biji kopinya.

Sistem pencernaan Luwak menyerap getah dari biji kopi yang di makan lalu di fermentasi-nya membuat kopi Luwak memiliki rasa yang eksotis, hampir seperti sirup dan sangat lembut dengan aroma karamel dan kakao. Rasanya tidak tertandingi.

3 Replies to “6 Jenis Kopi Indonesia Yang Menguasai Pasar Dunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *