9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung, Lensa Jelajah – Galeri seni yang merupakan tempat wisata paling artsy kini telah banyak digandrungi oleh semua kalangan. Tak hanya para pecinta seni, sekarang beberapa galeri seni pun selalu ramai dikunjungi oleh para pelajar maupun orang-orang yang hanya ingin berfoto.

Banyaknya model seni yang selalu ditampilkan di Museum pada setiap pameran tentunya berbeda-beda. Tujuan utama dari pameran yang diselenggarakan galeri seni adalah untuk memperkenalkan karya dari sang kurator kepada khalayak, dan sekaligus mempromosikan bakat yang mereka miliki.

9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung

Buat kamu para pecinta seni yang ingin menjajal tempat wisata baru yang anti-mainstream, sebaiknya kunjungi sederetan galeri seni yang berada di kota Bandung ini. Yuk, kita intip bersama!

1. Galeri Seni Wijaya

9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung

Merupakan salah satu yang berdiri pertama dan tertua di Bandung, Galeri Seni Wijaya ini sudah berada sejak tahun 1980-an yang lalu. Di tempat ini kamu bisa menemui banyak sekali koleksi langka dari beberapa pelukis ternama dunia.

Jika kamu penasaran dengan isi dari Galeri Seni Wijaya ini, langsung saja datang ke Jl. Mohamad Iskat, Kebon Kawung, Bandung.

2. Museum Barli

9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung

Museum Barli yang telah diresmikan sejak tanggal 26 Oktober 1992 yang lalu, di sini kamu bisa melihat beberapa lukisan tetap yang langsung dibuat oleh sang seniman Barli Sasmitawinata. Tak hanya Barli saja, anaknya pun Agung Wiwekakaputra pun turut menyumbang karyanya di Galeri Seni milik sang ayahnya ini.

Tak hanya karya dari Barli dan sang anak, tetapi di sini juga ada tempat workshop yang dibuka secara umum untuk kamu yang ingin mencoba dan berlatih membuat lukisan maupun keramik.

Selain itu, tempat ini juga bisa menjadi wadah diskusi para kurator dan menjadi tempat penjualan karya dari Barli dan biasanya Barli juga mengajak seniman-seniman lain untuk ikut memamerkan karyanya di galer miliknya.

Kamu tertarik untuk melihat karya seni yang berada di Museum Barli ini? Yuk! Langsung saja kita meluncur ke Jl. Prof. Dr. Sutami No.91 Bandung.

3. Griya Seni Popo Iskandar

3
Siapa yang tak kenal dengan Popo Iskandar, merupakan salah satu seniman Indonesia yang sangat terkenal di dunia dan karya-karyanya yang sudah tersebar di hampir seluruh dunia ini.

Beliau pun juga mengaku bahwa karya-karya yang pernah ia buat ini terinspirasi dari studio seni yang berada di Eropa Barat sana.

Sebelum meninggal dunia, Popo Iskandar ini telah membangun Griya Seni Popo Iskandar, atau yang biasa dikenal juga dengan GSPI pada tahun 2000 yang lalu. Walaupun beliau sudah tiada, tetapi karyanya masih dikenang dan digemari oleh para pecinta seni.

Beralamat di Jl. Dr. Setiabudhi No.268 tempat ini hampir tak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya.

4. Galeri Sunaryo Art Space

9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung
Biasa dikenal dengan Selasar Sunaryo Art Space atau SAAS, galeri yang satu ini merupakan yang paling tenar di Bandung. Telah berdiri sejak tahun 1998 dan diresmikan sendiri oleh sang pemilik Sunaryo, di sini kamu bisa melihat karya-karyanya dan kumpulan dari para seniman Indonesia lainnya secara temporer.

Tak hanya memperlihatkan karya-karya seni untuk para pengunjungnya, tetapi Sunaryo sendiri pun juga menyuguhi para pengunjung dengan memberikan hidangan yang bisa dinikmati di cafe SAAS yang berlokasi di Jl. Bukit Pakar Timur No.100 Bandung.

5. Nuart Sculpture Park

5
Galeri seni milik I Nyoman Nuarta yang berada di Jl. Serta Duta Kencana II No. 11 ini sudah berdiri sejak tahun 2000-an yang lalu. Walaupun baru tahun 2015 kemarin tempat ini diresmikan, namun hampir tak pernah kehabisan pengunjung setiap harinya.

Di tempat ini tak hanya memamerkan karya-karya dari I Nyoman Nuarta saja, tetapi kamu juga bisa menikmati karya-karya lain dari para seniman Indonesia. Salah satu karya I Nyoman Nuarta yang terkenal di dunia adalah patung GWK yang berada di Bali.

Buat kamu yang tertarik dan ingin belajar membuat karya seni patung dan lainnya, ternyata di NuArt Sculpture Park ini membuka kursus singkat yang bisa kamu nikmati dan tekuni. Tertarik untuk mencoba?

6. Art Societe Lawangwangi

9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung
Berada di Jl. Dago Giri No. 99 Warung Caringin, Mekarwangi Bandung, tempat ini merupakan salah satu galeri yang dibuka untuk memfasilitasi para seniman muda berbakat yang memiliki karya seni dengan gayanya tersendiri. Walaupun dibuka secara umum, tak semua orang bisa memamerkan karyanya di Art Societe Lawangwangi ini.

Beberapa seniman beken Indonesia yang pernah mejeng di sini adalah Agus Suwage, Tisna Sanjaya dan A.T. Sitompul.

Tak hanya ketiga seniman keren Indonesia yang pernah muncul di tempat ini, beberapa seniman muda berbakat lainnya pun pernah ada di tempat ini. Sudah berdiri sejak tahun 2007, tempat ini memiliki gaya nuansa yang artistik sekaligus menyajikan kafe yang bisa kamu nikmati jika berada di Art Societe Lawangwangi ini.

7. Roemah Seni Sarasvati

9 Galeri Seni yang Jadi Wisata Kece di Bandung
Roemah Seni Sarasvati yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 137, Karanganyar, Astanaanyar Bandung ini merupakan sebuah galeri yang sengaja dibangun untuk memperkenalkan karya-karya dari para seniman Indonesia yang memiliki karya seni rupa kelas dunia dan berkualitas.

Tempat ini juga merupakan salah satu identitas unik dari Kota Bandung yang sangat terkenal dengan kreativitas dan ciri khasnya kota kembang ini sendiri. Selain itu, RSS atau Roemah Seni Sarasvati juga sering digunakan untuk pameran kontemporer dan diskusi serta workshop dari para seniman Indonesia maupun Internasional.

8. Salian Art

8
Galeri seni yang satu ini terbilang masih sangat baru di Kota Bandung. Baru berdiri sejak tahun 2014-an yang lalu. Tempat ini juga menyajikan cafe dan Art Space secara berbarengan.

Buat kamu yang gemar hunting makanan dan pecinta seni, Salian Art lah pilihan tepat yang wajib kamu kunjungi jika berada di Bandung.

Yuk! Langsung saja datang ke Jl. Sersan Bajuri No. 86 KM 3,8 Lembang. Di sini kamu bisa melihat beberapa karya seni dari para seniman Indonesia berbakat.

9. Galeri Soemardja

9
Galeri seni terakhir yang wajib kamu datangi jika berada di Bandung adalah Galeri Soemardja. Berlokasi di Kampus Institut Teknologi Bandung, biasanya tempat ini hampir selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan maupun para mahasiswa yang berada di Bandung.

Kebanyakan karya seni yang berada di Galeri Soemardja ini menampilkan beberapa karya seni hasil dari para mahasiswa Bandung. Telah berdiri sejak tahun 1974 yang lalu, digagas langsung oleh Soemardja Syafe’i yang juga terkenal sebagai salah satu tokoh pendiri sistem pendidikan seni di Indonesia.

Kira-kira galeri seni yang menjadi favorit kamu yang mana? Yuk, langsung ajak teman-teman kamu untuk mengunjungi semua galeri seni yang berada di Bandung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *