Inilah Beberapa Macam Cara Penyajian Kopi Ala Cafe, Lensa Jelajah – Setiap orang punya selera masing-masing dalam menikmati kopi, ada sebagian orang suka dengan kopi yang pahit, ada juga sebagian orang yang suka dengan kopi dengan rasa yang smooth. Cara penyajian kopi sangatlah beragam, apakah anda pernah bingung dengan menu-menu kedai kopi ataupun cafe.

Inilah Beberapa Macam Cara Penyajian Kopi Ala Cafe

1. Espresso & Long Black

"<yoastmark

Espresso menjadi salah satu varian kopi yang terpopuler di dunia (Termasuk mimin yang kalau mampir ke Coffee Shop. Tidak lupa untuk menyicipi Espresso, Espresso di buat dari kopi yang di ekstrasi dengan menggunakan mesin. Simple-nya, Cara mesin kopi bekerja adalah memberikan tekanan kepada kopi yang sudah di giling menggunakan air panas, tekanan yang di berikan kepada kopi itu adalah sekitar 9 bar (Para penikmat kopi pasti tau satuan ini).

Melalui Espresso, setiap pecinta kopi sejati akan bisa menikmati rasa asli dari biji kopi tersebut, dikarenakan espresso dibuat tanpa tambahan bahan apapun, seperti gula dan susu. Apabila espresso terlalu tajam/intens, anda bisa menambahkan air panas. Espresso dengan tambahan air panas ini biasa orang menyebutnya long black.

2. Piccolo Latte

"<yoastmark

Piccolo Latte adalah varian kopi yang dalam peracikannya menggunakan komposisi susu sangat sedikit. Tidak seperti varian lainnya, Piccolo Latte di sajikan mengguanakan gelas yang kecil seperti penyajian Espresso. Saat meminum Piccolo Latte anda bisa menikmati instensitas rasa kopi, di padukan dengan sentuhan susu yang lembut.

Apabila anda ingin menikmati kopi dengan mood santai yang di dapatkan dari Milk-based. tapi juga ingin menikmati intens kopi yang lebih, maka menu inilah yang cocok untuk anda nikmati.

3. Flat White

"<yoastmark

Flat White salah satu varian kopi yang cukup populer, Terutama di negara bagian Australia dan New Zaeland. Karena disanalah di cetuskannya varian kopi ini, dengan komposisi foam yang sedikit. Varian kopi ini memiliki rasa paling Milky diantara varian lainnya. Jika kamu mempunyai rencana untuk berlibur ke Australia saat liburan nanti, jangan lupa untuk memesan Flat White di toko-toko ya.

4. Latte

Latte Coffee Compostion
Latte Coffee Compostion, image by drippedcoffee.com

Latte adalah kopi yang sudah cukup populer dan disukai oleh semua kalangan, dari yang muda sampai yang sudah tua. Komposisi latte juga adalah Espresso yang ditambahkan oleh susu yang sudah di panaskan dengan uap, sehingga membentuk froth diatasnya.

Banyak orang yang salah beranggapan rasa kopi bisa menjadi berkurang dengan adanya tambahan susu. Nyatanya, Interakti campuran kopi dengan susu juga bisa menciptakan ciri khas tersendiri. Pernah meminum Latte yang rasanya seperti kolak pisang? salah satu pengalaman pecinta kopi pernah mengalaminya. Dengan rasa nyaman yang tercipta saat menikmati Latte, varian kopi latte sempat menjadi pilihan paling favorit untuk bersantai sore hari. Inilah Beberapa Macam Cara Penyajian Kopi Ala Cafe

5. Cappucino

"<yoastmark

Yang menjadi salah satu ciri khas cappucino terletak pada froth tebal yang menyelimuti bagian atas kopi. Perbandingan komposisi yang menyusun Cappucino adalah, sepertiga espresso, sepertiga susu panas, dan sepertiganya lagi adalah froth.

Pada dasarnya cappucino adalah salah satu varian kopi Latte seperti yang sudah di jelaskan di atas. Perbedaannya adalah komposisi susu yang lebih sedikit di bandingkan dengan Latte. Dengan menonjolkan karakteristik kopi yang lebih kuat, terkadang cappucino juga di sajikan dengan tambahan cocoa powder di bagian atasnya. Walaupun ini hanyalah sebuah tambahan, bukan karakteristik utama ya.

6. Moka / Mocha

Mocha Coffee Composition
Mocha Coffee Composition, Image By : drippedcoffee.com

Yang menjadi keunikan mocha adalah perpaduan coklat yang di campurkan dengan espresso dan di tambahkan dengan susu. Orang-Orang negara bagian eropa biasa menyebutnya dengan Moccachino. Nama varian yang satu ini sebenarnya berasal dari salah satu daerah di Yaman, yaitu Moka. Moka juga juga menjadi salah satu peranan penting dalam sejarah perdaganan kopi. Dalam Blog Gordi mengenai Varietal.

7. Macchiato

Macchiato Coffee
Macchiato, Image By : nespresso.com

Macciato atau bisa juga di sebut dengan Espresso Macciato, juga salah satu varian kopi yang cukup populer untuk semua kalangan. adalah shot espresso yang di berikan foam susu di bagian atas dengan sendok tanpa di aduk, namun terkesan seperti di endapkan di bagian atas espresso agar melapisinya karena jumlahnya yang sedikit.

Berbeda dengan Cappucino, yang memang merupakan campuran espresso dengan susu, pada Macciato susu hanya berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis.

8. Caffe Latte

Caffe Latte, image by : lonelyplanet.com

Menjadi salah satu menu kopi yang cukup populer di kalangan pecinta kopi, di temukan diluar Italia dan menjadi salah satu resep yang paling populer di wilayah Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang berarti “Susu”. jadi jika anda memesan Latte di Coffee Shop Italia, kamu malah akan mendapat segelas susu.

Caffe Latte sendiri juga terdiri atas perbandingan sepertiga espresso dan 2/3 susu di tambahkan dengan foam setebal 5-10mm.

Gimana jadi sudah mengerti kan beberapa dari banyaknya penyajian kopi yang sangat banyak. jadi tidak perlu bingung lagi saat ingin nongkrong ke kedai kopi atapun cafe mau memesan kopi apa, karena sangat banyaknya menu kopi yang di tawarkan oleh kedai kopi ataupun cafe. (Inilah Beberapa Macam Cara Penyajian Kopi Ala Cafe)

One Reply to “Inilah Beberapa Macam Cara Penyajian Kopi Ala Cafe”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *