2

Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur

Lensajelajah.com – Goa Gong adalah tempat wisata di Pacitan, Jawa Timur yang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan Asia. Goa gong memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Tak salah kalao pacitan dijuluki kota seribu goa, dikarenakan banyak goa yang ada di Pacitan salah satu yang terbaik adalah Goa gong.  Serta didalam goa gong terdapat tujuh ruangan yang mempunyai fungsi masing-masing.

4

 

33   Goa Gong mempunyai panjang keseluruhan hingga 256 meter serta berbentuk horizontal. Stalaktit yang ada di goa ini begitu indah begitupun stalakmit nya. Bahkan goa ini merupakan goa dengan stalaktit dan stalakmit paling indah di kawasan Asia Tenggara. Penamaanya sendiri goa “gong” karena berdasarkan cerita sering terdengar bunyi layaknya suara Gong.

Berwisata Ke Goa Gong yang berada di Pacitan

5

Letak Goa ini sangat dekat dengan pantai klanyar dan sekitar 30 km dari kota Pacitan, kita bisa kesana dengan menggunakan kendaraan motor/mobil dengan jalan yang berliku sehingga sangat disarankan untuk berhati-hati. Untuk menuju ke Gua Gong, terdapat 2 jalur alternatif. Jalur pertama adalah jalur yang melalui Pracimantoro dan jalur kedua dari Kota Pacitan.

Akses Menuju Wisata Goa Gong

Sebelum memasuki tempat wisata goa gong para wisatawan perlu berjalan sekitar 100 m. Bagi Anda yang tidak membawa perbekalan alat penerang seperti senter, di dalam goa akan banyak penyewaan senter yang dapat Anda sewa, bagi Anda juga yang tidak terbiasa berjalan jauh, tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan ke goa banyak sekali warung yang menjual jajanan yang dapat Anda nikmati juga sebagai tempat beristirahat, selain jajanan makanan ada beberapa juga yang menjual souvenir khas kota pacitan. Bahkan apabila anda ingin menginap, terdapat penyewaan hotel maupun penginapan lain yang ada sekitar.

Di dalam goa mata kita dimanjakan dengan keindahan goa apalagi jika kita membawa senter maka kita bisa lebih jelas, untuk jalan di dalam goa sudah di persiapkan jalur yang telah disemen juga ada besi untuk pegangan bagi para pengunjung, jadi dipastikan anda akan merasa nyaman. Stalagtit dan stalagmit pada goa seakan menghipnotis mata kita, lampu neon di dalamnya juga semakin menambah keindahan dalam goa. Gua ini terdapat beberapa ruangan. yang pertama anda bisa jumpai ruang Sendang Bidadari yang terdapat air bersih dan dingin di dalamnya. Dan di sebelahnya adalah ruang Bidadari. Ruangan ketiga dan keempat terdapat ruang kristal dan marmer, yang mana di dalamnya ruangan tersebut tersimpan batu kristal dan marmer dengan kualitas yang mendekati sempurna. Ruangan kelima adalah ruangan paling luas. Nah ditempat ini biasa di adakannya sebuah konser musik. Ruang keenam merupakan tempat pertapaan, yang terakir adalah ruangan batu gong di mana apabila kita memukulnya akan keluar suara layaknya suara gong.